Di Perusahaan Ini, Setiap Jumat Semua Pegawainya Bugil Di Kantor

Tidak seperti di Indonesia yang setiap Jumat, pegawai negeri (PNS) diinstruksikan memakai pakaian batik atau pegawai swasta yang bebas memakai pakaian sporty untuk ke kantor, maka sebuah perusahaan di Newcastle, Inggris yang bernama onebestway, menerapkan ide nyentrik atau lebih tepatnya nyeleneh untuk memotivasi para karyawannya. Ide itu diterapkan setiap hari Jumat, dimana semua karyawannya bekerja tanpa mengenakan busana alias bugil! Di perusahaan yang dipimpin seorang manajer wanita, Sam Jackson, ini setiap hari Jumat karyawannya berbugil ria selama bekerja.
Menurut sang bos, Sam Jackson, inovasi dan terobosan-terobosan sangat penting dilakukan di masa krisis seperti sekarang. Bekerja dalam keadaan bugil diyakini bisa menambah semangat dan menaikkan produktivitas kerja. Perusahaan yang terancam bangkrut ini telah memecat 6 orang karyawannya sejak bermulanya krisis keuangan. Untuk menaikkan semangat kerja, pihak perusahaan pun mengundang psikolog, David Taylor, untuk memberi pompaan motivasi kerja pada para karyawan. Hasilnya adalah "Naked Friday" yaitu pada setiap hari jumat seluruh karyawan bekerja tanpa mengenakan busana apapun. Peristiwa Jumat Telanjang itu dianggap keberhasilan yang sangat besar dan membawa hasil positif bagi kerusahaan, sebab kegiatan ini ternyata mendongkrak semangat kerja tim dan menaikkan pendapatan perusahaan.

Sam JackSon, Manajer

Awalnya bekerja telanjang terasa aneh dan mengurangi rasa percaya diri. Untuk itu setiap karyawan disarankan memfotocopy bagian-bagian badannya, hal ini untuk membuat mereka lebih percaya diri. “Perlu waktu seminggu bagi David untuk membangun keberanian kami. Pertama kali melakukannya sangat membuat diri saya cemas, tetapi begitu saya menjalaninya di kantor, saya benar-benar merasa nyaman,” ungkap Sam. “Kami menjadi lebih terbuka dari sebelumnya dalam bercengkerama. Performa perusahaan juga meningkat drastis,” jelas Sam. Kira-kira bagaimana ya kalau diterapkan di indonesia?


Comments