Kesombongan Iblis


Penolakan Iblis dengan sombong untuk bersujud kepada Adam As mendapat balasan dari Allah SWT, Iblis diusir dari surga dalam keadaan hina. Namun Allah SWT masih mangabulkan permohonannya untuk dapat hidup hingga hari kiamat, bukan semata-mata mengabulkan keinginan Iblis, kehendak Allah ini lantaran ada hikmah di dalamnya.
Seperti Firman Allah SWT di dalam Al-Qur’an,
قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ
Allah SWT  berfirman, “Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina.” (Q.S. Al-A’raf: 13)
قَالَ أَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ
Iblis menjawab: “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan.” (Q.S. Al-A’raf: 14)
قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ
Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh.” (Q.S. Al-A’raf: 15)
Dengan kesombongannya, Iblis tidak jera dengan hukuman yang telah Allah berikan, yang ada, Iblis akan mencari teman-teman mereka untuk sama-sama durhaka kepada Allah SWT dan masuk ke dalam neraka kelak.
قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ
Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus.” (Q.S. Al-A’raf: 16)
ثُمَّ لَآتِيَنَّهُمْ مِنْ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ
“Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).” (Q.S. Al-A’raf: 17)
Hingga akhirnya Allah SWT mengusir  Iblis dengan sangat hina, dan mengacam orang-orang yang mengikuti Iblis akan di masukkan ke dalam neraka Jahannam. Naudzubillah
قَالَ اخْرُجْ مِنْهَا مَذْءُومًا مَدْحُورًا ۖ لَمَنْ تَبِعَكَ مِنْهُمْ لَأَمْلَأَنَّ جَهَنَّمَ مِنْكُمْ أَجْمَعِينَ
Allah berfirman: “Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya.” (Q.S. Al-A’raf: 18)
Begitulah kesombongan Iblis hingga menyebabkan ia diusir dari surga dalam keadaan hina. Wallahu A’lam

Comments